CARA MENGHITUNG PEMAKAIAN BBM


Dari pada gak ada tulisan, lebih baik nulis ini.. :-D  Begini, ini adalah cara untuk menghitung penggunakan bahan bakar motor perkilometernya… Bagi yang belum tau, silahkan cermati gimana cara ngitungnya… :-D

Rumus >

SAF – SBF : FI = km/l

Keterangan >

Saf  :  Speedometer sekarang

Sbf  :  Speedometer sebelum isi bahan bakar

Fi    : Jumlah bahan bakar yang di isi

Contoh >

Speedometer motor gue sekarang 938, speedometer sebelum di isi bahan bakar 845, dan bahan bakar yang gue isi 2,22 liter.

938 – 845 : 2,22  = 41,8 km/l

Jadi, konsumsi bahan bakar motor gue 41,8 km/liter.

Semoga bermanfaat.. :-)

14 responses

  1. pertamax……!!!!!!!!

    Premium langka…….

    Suka

  2. tapi akurat g bro hasilnya???

    Suka

    1. @ rudy soul :: coba hitung sendiri.. klo sama saya sih akurat2 aja… :-D

      Suka

  3. Mungkin ga seakurat bila kita kosong kan dulu tangki,, lalu di isi 1L dan dipakai sampai berapa KM motor itu berhenti..
    but .. good info

    Suka

  4. spedometer saat 938 t maksudnya apa ya?

    Suka

    1. @ jaya :: itu maksudnya adalah angka speedometer saat akan mengisi BBM lagi..

      Suka

  5. apakah tidak ada rumus lain untuk menghitungnya?
    mohon infonya ya gan…

    Suka

  6. thanks to rumus bermanfaat banget bg gw

    Suka

  7. perhitungan seperti itu bisa juga dipakai buat perhitungan km mobil?

    mohon infonya ditunggu….makasih

    Suka

    1. bisa…..silahkan dicoba…. semoga berguna..

      Suka

  8. terakhir kali isi bensin catat speedometernya, setelah dipakai beberapa hari isi full bensinnya, catat speedometernya, baru dipakai rumus yg diatas, kalo yang ini baru akurat.
    mudah2an berguna.

    Suka

  9. betul yang punya ayu…. kalau punya agus ga akurat , bagaimana kalau hanya gue isi 1 liter? bisa 83 km/ltr lebih donk…, :)

    Suka

  10. Cara melakukan trial untuk menentukan jumlah pemakaian bensin/ bbm per km sbb :
    1. Tangki BBM dalam keadaan Full, catat km pada saat ini sebagai Km0.
    2. Setelah beberapa hari pemakaian (selama pemakaian tidak boleh menambah BBM), catat km sebagai Km1. Isi tangki samapi Full, catat jumlah BBM yang ditambahkan untuk sampai Full, sebagai V
    3. Hitung pemakaian BBM perkm = ( Km1-Km0) : V

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The journey of my life

Just trying to share my journey

selseya

welcome....di dunia imajinasi~

imotorium

(n) suatu ruang yang diciptakan khusus info seputar otomotif

akutatang

kamutatang, diatatang, semuatatang

mysukmana

bercerita dengan keyboard :)

DO & SHARE

FIXIT, HOWTO, TIPS, etc...

yht2506

hidup adalah sebuah perjalanan penuh petualangan

Omah Properti

Pusat informasi Jual Beli Properti area Yogyakarta - Jateng

kusnantokarasan.com

Tentang Apa Saja - Tentang Sepeda, Motor, Bantul, Jogja, Jaminan Kesehatan Dan lain Sebagainya

mansarPost

Posted by Mansar | Samran - Automotive [Two Wheel] Blog

Safety First !!!

Seputar Dunia Roda Dua, Roda Empat & Wisata

Salim.id™

Life, Activity and Technology

Salim.id

Motorcycle, Lifestyle, Motivation, and Unique Information,

RPMSUPER.COM

Menyajikan Yang Terbaik Untuk Anda

Sing Indo

Freedom of Speech

The Green Blog

Freedom of Speech

BaumRegnen's Garage

A Two-Wheel Enthusiast

Adiezz Xpress Blog

The Next Level

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Yang Lain

Bang 'Cupuh' Totoraharjo

Rodok Medok Tapi Tampan

SEE ( Study English Easily )

Cara Tercepat dan Termudah Bisa Berbahasa Inggris

jildhuz

Mengupas segala hal tentang kehidupan, dari penipuan mlm, fotografi, audio, dll

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Nivikoko

All About Motorcycle Life Style

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 2.278 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: